MENARIK DAN MEMPERTAHANKAN PELANGGAN
Bertanyalah jika pelanggan meninggalkan anda?
Untuk mempertahankan ketahanan yang efektif , manajer perusahaan harus mengidentifikasikan pola-pola diantaranya peralihan pelanggan. Analisa ini harus dimulai dengan catatan internal seperti catatan penjualan, catatan harga, dan hasil survei pelanggan,”langkah selanjutnya addalah memperluas riset peralihan ke sumber-sumber luar seperti penilitian perbandinngan dan statisitik asosiasi perdagangan. Beberapa pertanyaan utam ayang hasrus ditanyakan.
1. Apakah pelanggan beralih ketingkat yang beragam setiap tahun?
2. Apakah ketahanan / kesetian pelanggan beraga berdasarkan kantor, wilayah, staf penjualan atau penyalur?
3. Apakah terdapat hubungan antara tingkat ketahanan pelanggan atau perubahan harga?
4. Apa yang terjadi dengan pelanggan yang pergi dan keman amereka biasanya beralih?
5. Berapakah norma ketaahanan (retention norm?) untuk industri anda?
6. Perusahaan apa didalam industri anda yang berhasil mempertahankan pelanggan paling lama?
JELASNYA…..
APAKAH PELANGGAN BERALIH KETINGKAT YANG BERAGAM SETIAP TAHUN
Banyak para pelanggan yang mempunyai banyak sekali kebutuhan hidup, bahkan tak sedikit seorang pelanggan yang mencari tempat-tempat yang dianggap lebuh murah dibandingkan sebelumnya, dilain pihak perubahan harga setiap tahun mengalami perubahan yang sangat signifikan, bahkan ada pula harga-harga yang naik turun tiap mmusim, seperti menjelang lebaran maupun tahun baru, hal itu perlu dicermati para produsen maupun para pedagang harus ekstra hati-hati
APAKAH KETAHANAN / KESETIAN PELANGGAN BERAGA BERDASARKAN KANTOR, WILAYAH, STAF PENJUALAN ATAU PENYALUR
Banyak para pelanggan yang banyak sekali mempunyai asumsi yang sama dengan semua orang, transportasi adalah pembekakan yang tidak bisa diduga, wilayah menentukan suatu pelanggan untuk tetap konsiisten membeli pada satu tempat saja, jadi apa yang diharapkan para konsumen, agar pembekakakn tranportasi atas pengeluran yang digunakan tidak menjadi beban financial.
APAKAH TERDAPAT HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KETAHANAN PELANGGAN ATAU PERUBAHAN HARGA
Jelas, sekali hal itu akan mempengaruhi, jika harga yang ditawarkan lebih mahal dari yang lain pelanggan pasti akn lari, dan lebih memilih tempat lain yang dianggap lebih murah dan lebih mengerit tingkat “Y” pendapatan yang bisa dijadikan “S” saving.
APA YANG TERJADI DENGAN PELANGGAN YANG PERGI DAN KEMANA MEREKA BIASANYA BERALIH
Mereka kan pergi ketempat yang tentunya lebih murah dari sebelumnya, of course, jangan Tanya kan hal itu, bayangkan saja, uang bukan barang yang muda dicari dimana ada yang lebih murah, mengapa pilih yang mahal walaupun kita sudah berlangganan udah lama.
Jika ingin mengisi dua masalah ini silahkan anda bisa mengirimkan lewat email or di komentar :
Contact us in ugi_oniel@yahoo.co.id
Or you can send letter to me
MUGIONO
Jl. Let Jend R Suprapto.gg Mawar Rt 05 Rw 01 Ds. Denasri Wetan Kab.Batan- Jawa Tengah 51228
BERAPAKAH NORMA KETAAHANAN (RETENTION NORM?) UNTUK INDUSTRI ANDA?
PERUSAHAAN APA DIDALAM INDUSTRI ANDA YANG BERHASIL MEMPERTAHANKAN PELANGGAN PALING LAMa?
By mugiono, giez@ymail.com, in denasriwetan “JO LaLi?”
0 komentar:
Posting Komentar