Jumat, 21 November 2008

Ekonomi indonesia berharap??

THE GOVERNMENT WISDOM

TO MAKE FOREIGN INSVESTMENT CAME IN INDONESIA??

Written by : Mugiono/ 6 November 2008.

Beberapa kebijakan sebagai langkah pemerintah dalam mengambil keputusan, untuk bisa menarik dan memperlancar para investor yang masuk kedalam yaitu :

1. Perlindungan terhadapap investor dengan mewajibkan persyratan keterbukaan disclosure) yang lebih baik kepada emiten dengan penyajian data perusahaan diprospektus secara lebih terbuka dan menyeluruh

2. Proses emisi efek yang lebih cepat

3. Upaya pengembangan pasar yang lebih likuid

4. Peningkatan profesionalisme lembaga penunjang (Komaruddin ahmad, 1996 : 23)

Tingkat bunga , tingkat bunga tinggi mengurangi nilai sekarang dari arus kas masa depan, sehingga mengurangi daya tarik peluang investasi. Untuk alasan ini , tingkat bunga riil menjadi penentu kunci dari pengeluaran investasi bisnis. (Bodie, kane, marcus .2006 :178)

Perlindungan investor memiliki dampak bagi sector pasar keuangan. Perkembangan sector pasar keuangan dapat mengakselerasikan pertumbuhan ekonomi dengan 3 cara . pertama, dapat meningkatkan jumlah saving. kedua, dapat menjadi penghubung antara saving dengan investasi disektor riil dan dengan demikian dapat membantu akumulasi modal. Ketiga, dapat memperluas akses pelaku keuagan dalam mengambil keputusan atas pembayaan yang diberikan jaln bagi aliran modal kepada semua sector produktif dan dengan begitu dapat memperkuat alokasi sumber secara efisien srcara prinsip dapat memberikan efek besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

Beberapa kebaikan globalisasi

1. Produksi dunia akan ditingkatkan

Dipandang ini sesuai dengan teori Ricardo , melalui spesialisasi dan perdagangan factor factor produksi dunia dapat digunakan dengan lebih efisen output dunia bertambah dan setiap masyarakat akan memperoleh keuntungan dari spesialisasi dan perdagangan dalam bentuk pendapatan yang meningkat yang selanjutnya meningkatkan pembelanjaan dan tabungan.

2. Meningkatkan kemakmuran

Perdagangan yang lebih luas memungkinkan masyarakat berbagi negara impor lebih banyak barang luar negeri ari pada barang dalam negeri .

Meluaskan pasar untuk hasil produksi dalam negeri perdagangan luar negeri yang terbatas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang luas dari pasaran dalam negeri

3. Meluaskan pasar untuk hasil produksi dalam negeri

Perdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang lebih luas dari pasar dalam negeri.

4. Dapat memperoleh lebih banyak modal dan teknologi yang lebih

Ini terutama diperoleh dari investor asing dan terutama dinikmati negara-negara berkembang. Cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah ini adalah menarik investasi yang bersifat FDI

5. Menyedikan dana tambahan untuk pembangunan sector industri dan berbagai sector

lainnnya bukan saja dikembangkan oleh perusahaan asing tetapi terutamanya melalui investasi yang dilakukan oleh perusahaan swasta domestik ( Sadaono sukirno, 2004:318-382)

tingkat bunga yang tinggi mengurangi nilai sekarang dan arus kas masa depan, sehingga mengurangi daya tarik peluang investasi untuk alasan ini, tingkat bunga riil menjadi penentu kunci dari pengeluaran investasi bisnis. Permintaan akan perumahan serta barang-barang konsumsi berdaya pakai lama yang mahal seperti mobil, yang sering dibiayai melali pinjaman, juga sangat sensitive terhadap tingkat bungakarena menentukan besarnya pembyaran bunga (Bodie, Kane dan Marcus, 2006 :178)

Kebijakan moneter mempengaruhi perekonomian. Ketika jumlah uang yag beredar mempengaruhi jumlah uang yang beredar didalam perekonomian meningkat, investor akan melihat investasinya telah berisi uang terlalu banyak.hal itu akan mendorong harga obligasi yang akn menekan tingkat bunga bank (Bodie, Kane dan Marcus, 2006 : 183)

Strategi dan Kebijakan Investasi di Indonesia

Perusahaan penanaman modal asing yang mempekerjakan tenaga asing diwajibkan menyelenggarakan pelatihan dan melakukan alih teknologi kepada tenaga kerja Indonesia sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Pemerintah memberikan fasilitas kepada penanaman modal yang melakukan penanaman modal baru maupun yang melakukan perluasan usaha. Perusahaan penanam modal yang akan mendapat fasilitas tersebut harus memenuhi kriteria:

• Menyerap tenaga kerja,

• Termasuk prioritas skala tinggi

Semua bidang usaha atau jenis usaha terbuka bagi kegiatan penanaman modal, kecuali bidang usaha atau jenis usaha yang dinyatakan tertutup dan terbuka dengan persyaratan berdasarkan Peraturan

Untuk menarik minat modal asing ke Indonesia, Pemerintah Indonesia menerapkan kebijakan yang bersifat proaktif. Sebelum ini, Pemerintah lebih banyak mengandalkan pola marketing investasi yang bersifat tradisional yaitu melalui penyelenggaraan konferensi, seminar dan yang sejenisnya. Tetapi sekarang jauh lebih lengkap dan bervariasi. Pada saat ini BKPM memiliki 6 (enam) Kantor Investasi di seluruh dunia yaitu di Asia, Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Di dalam website BKPM juga menampilkan informasi yang lengkap dan terkini. Sementara itu, BKPM juga menerbitkan majalah baik dengan edisi bahasa Indonesia maupun edisi bahasa Inggris. Ini belum terhitung penyelenggaraan pameran di berbagai pelosok dunia. Dalam menerapkan marketing investasi seperti diuraikan di atas, BKPM menerapkan dua strategi ganda yang saling mendukung. Strategi yang pertama, yaitu strategi menarik modal asing melalui jalur sektor. Yang dimaksud dengan strategi ini adalah bahwa dalam setiap pertemuan dengan calon investor asing, BKPM tidak lagi bicara hal-hal yang bersifat umum, misalnya:

• indikator-indikator ekonomi,

• tersedianya infrastruktur,

• kebijakan penanaman modal secara umum,

• tersedianya tenaga kerja yang terampil,

• fasilitas penanaman modal serta insentif yang ditawarkan,

• dan lain-lain

Tetapi dalam setiap pertemuan dangan calon investor BKPM sudah berbicara secara spesifik. Sektor-sektor penanaman modal yang ditawarkan misalnya kalau BKPM menawarkan industri baja, data yang dibawa harus lengkap mulai dari data impor/ekspor dari produk yang ditawarkan termasuk data tersedianya bahan baku pendukung, potensi pasar saat ini dan dimasa datang, kompetitor, lokasi proyek yang ditawarkan berikut harga tanah/bagunan untuk pabrik, cost of construction, tersedianya supply listrik, serta dukungan infrastruktur lainnya, sampai kepada perkiraan cost of project. Dengan data yang lengkap seperti ini, maka calon investor tinggal menghitung secara kasar kira-kira rate of return-nya berapa persen dan bagaimana kondisi di negara-negara pesaing Indonesia, misalnya Vietnam atau Malaysia.

Jadi dalam setiap penyelenggara temu bisnis di luar negeri, Pemerintah Indonesia BKPM akan berbicara mengenai satu sektor secara lengkap. Dan di setiap negara yang akan ditawarkan bisa berbeda sektornya oleh karena potensi investor di masing-masing negara juga berbeda.

Strategi kedua adalah menyerang langsung ke akar rumput artinya dalam menawarkan sektor-sektor tersebut BKPM tidak akan berbicara dengan calon investor yang tidak memiliki wewenang untuk mengambil keputusan. BKPM hanya akan berbicara dengan calon investor yang memiliki wewenang memutuskan. Jadi dengan demikian pertemuan dengan calon investor tidak perlu melalui konferensi atau seminar, tetapi BKPM dapat langsung meminta agar pertemuan diselenggarakan di kantor calon investor atau di tempat lain yang disepakati.

Strategi langsung menyerang ke akar rumput ini, memang memerlukan anggaran yang cukup besar bahkan pimpinan BKPM merasa kurang waktu, apabila harus mendatangi kantor atau tempat calon investor satu persatu.
Tetapi ini memang strategi yang harus dipilih oleh Pemerintah
Indonesia, kalau tidak maka Indonesia akan tetap tertinggal dari negara-negara pesaing-pesaing Indonesia seperti Malaysia, Vietnam, Thailand serta Cina

Please comentt in Email @: ugi_oniel@yahoo.co.id or you can look my website in www.mogiez.blogspot.com. Thank for your opinion and I can replay your massage in email.

0 komentar: